ECO GREEN PARK


      Eco Green Park adalah obyek daerah tujuan wisata yang beralamat di Jl. Oro – Oro Ombo nomor 9A, Kelurahan Temas – Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur. Sebelum dibangun sebagai obyek wisata andalan, adalah berbentuk lahan yang difungsikan sebagai perkebunan tanaman jati, tanaman jeruk dan pembenihan ikan dan jamur dengan status kepemilikan sertifikat pribadi, tanah dengan ukuran luas kurang lebih 6 hektar yang berada di lereng gunung Panderman dengan ketinggian 1.200 DPL (dari permukaan laut) dengan suhu udara rata – rata dibawah 27 derajat celcius dengan kandungan sumber air yang cukup serta kelembapan udara yang sangat baik. 

Pembangun proyek sesuai dengan site plan yang didesign secara khusus, dengan konsep 10% sampai dengan 15% adalah berbentuk bangunan permanen dan semi permanen, sedangkan 85% adalah sebagai ruang terbuka hijau berbentuk taman dengan tetap mempertahankan keutuhan pohon – pohon besar dan aliran sungai yang membelah lahan tersebut.


Pada tanggal 15 Juni 2012, ditandai dengan penanaman pohon oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, resmilah pembanguna obyek wisata yang bernama Eco Green Park dengan motto Fun & Study yang memiliki arti tempat wisata ekologi yang berwawasan pendidikan dan rekreasi.

Pada tanggal 01 Juli 2012, Eco Green Park resmi dibuka secara umum. Eco Green Park merupakan tempat wisata pertama yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group yang bernuansa ekosistem dan lingkungan yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional dengan udara yang sejuk dan lukisan alam yang indah akan menambah kenyamanan anda bersama keluarga.
Menyediakan 37 wahana yang memadukan Konsep Wisata Alam, Kebudayaan, Lingkungan dan Seni inspiratif, Menarik dan Mendidik.

Berikut adalah beberapa contoh wahana yang terdapat pada wisata Eco Green Park:


Rumah Serangga Dunia














Aquaponic Simulation 













PLTS dan Pompa Gravitasi Air “Hidram”
PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan merubahnya sinar matahari atau sel surya menjadi listrik. Tak hanya penjelasannya saja namun terdapat alat-alat PLTS yang langsung di perkenalkan. Sehingga lampu yang teraliri listrik dari sel surya akan menyala pada malam hari. Kemudian pada pompa gravitasi air hidram dijelaskan dengan skema yang telah diberikan keterangan sehingga dapat menyuplai air untuk kebutuhan industri atau rumah tangga. 
















KOLAM IKAN KOI
Setelah melewati pintu masuk, maka akan segera dijumpai kolam ikan koi. Ikan koi yang ada jumlahnya banyak dan berukuran sangat besar. Disediakan pula gazebo didepan kolam sehingga dapat menikmati langsung disekitar kolam ikan koi.


WALKING BIRD
Setelah keluar dari Insectarium, kita akan menemui  berbagai jenis burung besar seperti burung Merak, burung Unta di kandang terbuka, pengunjung pun bisa berjalan santai di atas jembatan papan kayu yang dinaungi teduhnya pepohonan. Sembari berjalan akan ada informasi tentang penjelasan burung unta.


JUNGLE ADVENTURE
Wahana jungle adventure adalah salah satu wahana yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Di sini pengunjung akan diajak  untuk berkeliling area jungle dengan mengendarai mobil listrik yang dikemudikan oleh petugas setempat. Pengunjung dapat menembak hingga roboh patung orang-orangan yang menyerupai penebang pohon liar atau pemburu liar. Apabila tembakan tersebut tepat, maka penumpang tersebut akan mendapat nilai score.

PLAZA MUSIC
Wahana plaza music juga paling banyak diminati oleh anak-anak yang  pada umumnya menyukai permainan yang mengandung air. Di sini terdapat sebuah kolam yang cukup besar, di atas kolam tersebut banyak ditempatkan permainan yang terbuat dari sejenis besi pelat yang mengeluarkan bunyi. Di sekeliling kolam disediakan perlengkapan seperti tembak-tembakan yang bisa menyemburkan air untuk diarahkan ke permainan di tengah kolam yang apabila kena maka besi tersebut bisa mengeluarkan bunyi.



ANIMAL FARM
Disekitar plaza music, kita akan menemukan wahana animal farm. Disana kita dapat melihat kambing, dan sapi perah. Kita dapat melihat langsung proses memerah susu dan melihat proses pengolahan biogas. Disini kita juga mengunjunggi peralatan manometer yang sangat bermanfaat sekali. 



















AREA BERCOCOK TANAM
Di area bercocok tanam, wahana yang menyediakan pengunjung untuk menanam tanaman. Wahana ini sangat cocok untuk anak-anak sehingga dapat menambah pengetahuan tentang jenis tanaman yang akan ditanam.

PENGOLAHAN SAMPAH DAN BIOGAS
Di eco green park juga disediakan wahana untuk pengenalan biogas dan pengolahan sampah. Kita juga dapat menemukan cara pemilahan sampah, cara komposter, daur ulang plastik, penjelasan briket, ipal, tenaga air menjadi tenaga listrik, dan masih banyak informasi-informasi yang didapatkan dalam wahana ini. Nah sangat menarik bukan!






KOMPOS


HIDROPONIK STRAWBERRY DAN JAMUR
Disini dijelaskan acar penanaman secara hidroponik serta pembudidayaan jamur. Kemudian kita juga mengetahui hidroponik yang bersih, berkualitas dan produktif. Dalam pembubididayakan jamur kita juga dijelaskan peralatan yang digunakan selama pembudidayaan serta proses pembuatan baglog.



WORLD OF PARROTS
Wahana ini akan mengenalkan bernagai jenis dari burung parrots berasal dari mancanegara dan pengenalan ekosistem berbagai jenis ikan. Pengunjung juga bisa menjumpai berbagai macam unggas mulai dari ayam, bebek, merak dan burung beo. Di wahana ini pengunjung dapat berfoto langsung dan memberikan makanan yang disediakan petugas pada jam-jam tertentu.




DUCK KINGDOM 
Wahana duck kingdom, pengunjung dapat melihat berbagai spesies bebek-bebek dari berbagai belahan dunia. Warna bulu yang cantik dan berwarna-warni menghiasi berbagai jenis bebek yang berbeda. Kita juga dapat menemukan bebek yang tinggal langsung seperti pada habitat aslinya.



BIRD GALLERY
Dalam bird gallery kita dapat menemukan burung-burung yang telah diawetkan kemudian dipajang dengan rapid an melihat bentuk dari beberapa telur burung.



RUMAH TERBALIK
Wahana rumah terbalik merupakan wahana favorite yang paling dikunjungi. Bangunan ini tampak depan seperti rumah Terbalik tapi jangan kaget bukan hanya depannya saja, tapi didalam bangunan ini semua benda juga terbalik. Ruangan pertama misallnya ruang tamu, perabotan yang ada di dalam itu akan berada di ata kita contohnya seperti kursi, meja, lampu hias dll. Terbalik tetapi tidak jatuh, menarik bukan. Untuk sistem penerangan di dalam wahana ini menggunakan sistem sensor, yaitu jika kita memasuki ruangan tersebut, maka barulah lampu penerangan tersebut akan menyala. Kemudian kita dapat menemukan kaca pantul dimana kita harus bisa menemukan pintu untuk keluar dari ruangan tersebut.



WATER OUTBOND DAN TAMAN BERMAIN ANGRY BIRD
Selain wahana Water Track, untuk anak-anak yang lebih kecil bisa langsung bermain di wahana Angry Birds, Mini Excavator dan Boom Boom Basmi Hama berlokasi sangat dekat dengan wahana Wahana Water Track. Semua permainan ini gratis bagi pengunjung (tidak harus membeli tiket tambahan). 

PASAR BURUNG
Disini kita dapat menyaksikan burung merpati yang berkeliaran disekitar pasar burung.  Setelah berjalan cukup lama, di pasar ini  pengunjung bisa bersantai sejenak sambil  menikmati berbagai jajanan masa kecil dan minum es dawet atau es cendol.

TERAPI IKAN DAN FOOD COURT
Setelah puas berkeliling wahana di eco green park, kita dapat mengisi kekosongan perut di foor court.  Food court menyediakan pilihan menu sehat karena semua terbuat dari bahan-bahan organik dan tanpa MSG. Tempat makan yang indah menambah nilai plus pengunjung saat menikmati makanan disana. Masih di sekitar food court wisatawan bisa merasakan fasilitas terapi ikan Garra Rufa secara gratis dan tempat bilas disekitar terapi ikan tersebut. Disekitar food court terdapat mushola dan kamar mandi yang pas sekali digunakan pengunjung untuk melakukan ibadah bagi kaum muslim. 


SCIENCE CENTER
Setelah mengunjungi food court dan memulihkan tenaga, science center pas sekali untuk dikunjungi. Science center dapat menambah pengetahuan tentang pengetahuan alam. Didalam science center kita dapat menemukan pentingnya menjaga bumi, hologram bumi, dan suasana di lorong pertambangan dan masih banyak lagi. Selain itu pengunjung dapat merasakan simulator bencana alam seperti gempa bumi dan agin kencang.

 

DOME 3D
Dome 3d merupakan bangunan berbentuk kubah atau dome. Di dalam dome tersebut kita akan menyaksikan film tentang Hanoman melawan kekuatan jahat YANG berdurasi kurang lebih 10 menit. Layar yang digunakan adalah atap dari dome itu sendiri sertai dengan efek bergetar di lantai. Adegan yang berpindah-pindah dari atap dome ke bagian atau dome lainnya sehingga pengunjung diajak untuk berputar-putar untuk melihatnya. 


ECO JOURNEY
Wahana ini kita akan mengendarai sejenis kereta untuk berkeliling lokasi yang mempertontonkan perjalanan perkembangan bumi beserta penghuninya dari jaman purba atau jaman dinausaurus dahulu hingga jaman kemajuan teknologi sekarang ini.


PERSAWAHAN




Komentar

Posting Komentar